Batuk ( Dada, Jantung, Paru-paru )

| Dec 14, 2012 | 1 Comment

Penyakit Batuk Batuk ( Dada, Jantung, Paru paru )Deskripsi

Batuk bukan merupakan penyakit, melainkan gejala penyakit. Batuk merupakan refleks pertahanan tubuh untuk mengeluarkan dahak, riak, dan benda asing lainnya dari saluran pernafasan. Oleh karena itu, istilah untuk menghilangkan gejala batuk disebut simtomatik.

Batuk terdiri dari 2 macam;
(1) batuk kering, dan
(2) batuk berdahak.

Sedangkan untuk obatnya juga dapat dibagi menjadi 2 jenis;
(1) Anti-tusif: dekstrometorfan dan difenhidramin.
(2) Ekspektoran: guaifenesin, gliseril guaikolat, ammonium klorida, bromheksin dan succus liquiritae.

Anti-tusif berguna untuk mengobati batuk kering sedangkan ekspektoran untuk mengobati batuk berdahak.

Salah satu jenis batuk adalah batuk bronkittis. Batuk jenis ini terjadi karena peradangan pada saluran udara ke paru-paru. Brokitis dapat dibedakan dalam beberapa hal menurut penyebabnya. Bronkitis infeksiosa disebabkan virus dan bakteri. Bronkitis berulang terjadi pada para perokok dan penderita penyakit paru-paru. Bronkitis iritatif disebabkan oleh debu, asap, polusi udara, dan rokok.

Penyebab

Batuk bisa disebabkan oleh berbagai sebab seperti infeksi saluran napas, influenza, alergi, asma, tersedak atau karena menghirup asap rokok.

Batuk sering terjadi bersamaan dengan gejala lainnya, termasuk demam, sesak napas, dan nyeri dada, suara serak, mual, hidung tersumbat, sakit tenggorokan dan muntah.

Pengobatan

Berikan obat batuk yang diberikan oleh dokter sesuai indikasi. Dokter akan memberikan antibiotik yang sesuai untuk melawan batuk.

Cara alaminya, perbanyak minum air putih atau memakan buah yang banyak berair. Jeruk nipis setengah sendok teh diberi sedikit kecap atau madu setengah sendok teh, diberikan tiga kali sehari, minimal selama lima hari.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)

Category: B

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *