Flu Burung ( Infeksi, Bakteri, Virus )

| December 16, 2012 | 0 Comments

Flu Babi1 Flu Burung (  Infeksi, Bakteri, Virus )Deskripsi

Penyebab flu burung adalah virus influensa tipe A yang menyebar antar unggas. Virus ini kemudian ternyata bisa menyebar ke spesies lain seperti babi, kucing, anjing, harimau, bahkan manusia.

Virus influensa tipe A memiliki beberapa subtipe yang ditandai adanya Hemagglutinin (H) dan Neuramidase (N). Ada 9 varian H dan 14 varian N. Virus flu burung yang sedang berjangkit saat ini adalah subtipe H5N1 yang memiliki waktu inkubasi selama 3-5 hari.

Manusia yang memiliki resiko tinggi tertular adalah anak-anak. Sebabnya, mereka memiliki daya tahan tubuh yang lebih lemah, pekerja peternakan unggas, penjual dan penjamah unggas, serta pemilik unggas peliharaan rumahan.
Masa inkubasi virus adalah 1-7 hari dimana setelah itu muncul gejala terkena flu burung.

Penyebab

Flu burung atau avian influenza (H5N1) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang biasanya menjangkiti burung dan mamalia.

Gejala

Timbulnya demam tinggi (> 38 derajat Celcius), sakit tenggorokan yang tiba-tiba, batuk, mengeluarkan ingus, nyeri otot, sakit kepala, lemas mendadak, timbulnya radang paru-paru (pneumonia). Gejala tersebut mirip dengan gejala flu biasa.
Jika tidak ditangani secara cepat dapat mengakibatkan kematian penderita.

Pengobatan

Penanganan flu burung dapat dilakukan dengan pengobatan atau pemberian obat flu seperti Tamiflu atau jenis lainnya dengan seijin dan sepengawasan dokter atau pihak rumah sakit yang ditunjuk oleh Dinas Kesehatan RI.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)

Category: F

Leave a Reply

%d bloggers like this: