Thrombocythemia Esensial (Darah)

| Dec 18, 2012 | 0 Comments

Thrombocythemia Esensial (Darah)

Deskripsi

Thrombocythemia Esensial Darah 300x202 Thrombocythemia Esensial (Darah)Thrombocythemia esensial adalah gangguan umum di mana tubuh terlalu banyak memproduksi trombosit. Kondisi ini juga dikenal dengan thrombocythemia primer.

Thrombocythemia esensial adalah salah salah satu dari sekelompok penyakit darah dan sumsum tulang yang dikenal sebagai neoplasma myeloproliferative. Jumlah trombosit berlebih mungkin tidak berfungsi secara normal, menyebabkan pembekuan abnormal atau pendarahan.

Penyebab

Penyebab pasti dari Thrombocythemia esensial dan neoplasma myeloproliferative lainnya tidak diketahui. Sekitar separuh orang dengan gangguan tersebut memiliki mutasi gen kinase.

Gejala

Banyak orang dengan Thrombocythemia esensial tidak memiliki tanda-tanda atau gejala. Indikasi pertama dari penyakit ini adalah terjadinya pembekuan darah (trombus) yang dapat terjadi dimana saja di seluruh tubuh, tetapi paling sering di tangan, otak dan kaki.

Tanda dan gejala tergantung pada di mana bentuk-bentuk pembekuan darah, yang meliputi:

1. Sakit kepala
2. Pusing atau mata berkunang-kunang
3. Nyeri dada
4. Kelemahan
5. Pingsan
6. Perubahan visi sementara
7. Mati rasa atau kesemutan pada tangan dan kaki
8. Kemerahan, berdenyut dan nyeri terbakar di tangan dan kaki (erythromelalgia)
9. Pembesaran limpa

Jika produksi trombosit terlalu banyak, akan menimbulkan pendarahan yang dapat berupa:

1. Mimisan
2. Memar
3. Pendarahan dari mulut atau gusi
4. Tinja berdarah

Pengobatan

Pengobatan thrombocythemia esensial tergantung pada risiko pembekuan darah atau pendarahan. Jika pasien berusia lebih muda dari 60 tahun, dokter mungkin hanya menyarankan untuk pemeriksaan medis berkala.

Jika pasien lebih tua dari 60 tahun, dokter akan meresepkan obat atau prosedur medis untuk menurunkan jumlah trombosit. Dokter mungkin juga akan merekomendasikan perawatan jika pasien memiliki faktor risiko kardiovaskular, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol atau diabetes.

Jika Anda berada di risiko pembekuan darah, dokter dapat merekomendasikan aspirin dosis rendah, terutama jika dalam kondisi hamil. Jika Anda mengambil aspirin selama kehamilan, berhenti minum setidaknya satu minggu sebelum persalinan untuk menurunkan risiko komplikasi pendarahan saat melahirkan.

Obat untuk mengurangi jumlah trombosit yang biasanya digunakan untuk mengobati thrombocythemia esensial adalah Droxia, Hydrea, Anagrelide (Agrylin), dan Interferon alfa-2B (Intron A).

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)

Category: T

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *